Dampak Peningkatan Kualitas Pelayanan dalam Memuaskan Pelanggan pada Astrindo Travel Services Yogyakarta

Muhamad Hafiz, - (2021) Dampak Peningkatan Kualitas Pelayanan dalam Memuaskan Pelanggan pada Astrindo Travel Services Yogyakarta. Diploma thesis, Politeknik Pariwisata Lombok.

[img] Text
1701068 Muhamad Hafiz (Abstrak).pdf

Download (291kB)
[img] Text
1701068 Muhamad Hafiz.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MUHAMAD HAFIZ. 2021. DAMPAK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMUASKAN PELANGGAN PADA ASTRINDO TRAVEL SERVICES YOGYAKARTA. PROYEK AKHIR. POLITEKNIK PARIWISATA LOMBOK PEMBIMBING : SUPARDI, SE.ME & AINUL YAKIN, M.Pd Seperti yang kita ketahui, saat ini semua sektor industri sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang menyebabkan terpuruknya kegiatan operasional dari industri-industri jasa yang terkait. Termasuk industri pariwisata yang salah satunya juga berdampak pada keberlangsungan travel agent. Namun, pandemi ini tidak selamanya akan terus berlangsung, oleh karenanya perlu suatu peningkatan dalam hal melayani pelanggan sehingga akan berdampak pada kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa dari travel agent tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan objek pengumpulan data di Astrindo Travel Services Yogyakarta yang menjual tiket pesawat, kereta, paket tour, MICE, serta melayani pengurusan dokumen perjalanan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui tahapan wawancara dan pengambilan dokumentasi, kemudian dilanjutkan dengan analisis data meggunakan metode pengumpulan data, kategorisasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan Uji Triangulasi Sumber Data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan di Astrindo dikategorikan baik atau memadai, hal tersebut didapatkan setelah melalui tahapan wawancara dengan narasumber-narasumber yang bersedia untuk menjadi partisipan pada penelitian diantaranya Mba Tyas, Mba Dinda, dan Mas Tyan. Untuk data yang didapatkan sehingga dikategorikan baik atau memaadai dengan berdasarkan teori dari Parasuraman, Zeithaml & Berry, (1988) Ada lima dimensi dari kualitas pelayanan (dalam Bharwana, Bashir & Mohsin 2013) diantaranya Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness, dan Assurance. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Travel Agent

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi D4 Pengaturan Perjalanan
Depositing User: Editor
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:31
Last Modified: 13 Oct 2021 07:31
URI: http://repo.ppl.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item