Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramuwisata Terhadap kepuasan Wisatawan Domestik di Aerotravel Yogyakarta

Manda Alsabila, - (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramuwisata Terhadap kepuasan Wisatawan Domestik di Aerotravel Yogyakarta. Diploma thesis, Politeknik Pariwisata Lombok.

[img] Text
1701066 Manda Alsabila (Abstrak).pdf

Download (33kB)
[img] Text
1701066 Manda Alsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MANDA ALSABILA. 2021. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUWISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DOMESTIK DI AEROTRAVEL YOGYAKARTA. PROYEK AKHIR. POLITEKNIK PARIWISATA LOMBOK. Pembimbing : H. Lalu Ratmaja, S.Pd., M.Pd. & Herlina ,S.H., M.h Pramuwisata adalah seseorang yang bertugas untuk menemani, membimbing, menjelaskan, memberikan informasi serta pengetahuan mengenai daerah tujuan wisata dan daya tarik wisata yang dikunjungi sehingga wisatawan merasa nyaman dan aman terhadap pelayanan yang diberikan oleh pramuwisata, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kuliatas pelayanan pramuwisata terhadap kepuasan wisatawan domestik di PT. Aerotravel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling, dengan memberikan kuesioner kepada 100 responden yang menggunakan jasa PT. Aerotravel Yogyakarta dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan lima varibel kualitas pelayanan yaitu bukti langsung, empati, keandalan , daya tanggap dan jaminan, sebagai variable bebas dan kepuasan wisatawan sebagai variabel terikat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa teradapat pengaruh kualitas pelayanan pramuwisata sebesar 68,4% dan sisanya 31,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti lebih lanjut dalam penelitian ini, dan berdasarkan hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan wisatawan yaitu sebesar 65%. Kata Kunci : pelayanan, kepuasan wisatawan, pramusiwata, pengaruh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi D4 Pengaturan Perjalanan
Depositing User: Editor
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:23
Last Modified: 13 Oct 2021 07:23
URI: http://repo.ppl.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item