Strategi Pemasaran Paket Wisata di Explore Bareng Tour & Travel pada Era New Normal

Teguh Prima Bella, - (2021) Strategi Pemasaran Paket Wisata di Explore Bareng Tour & Travel pada Era New Normal. Diploma thesis, Politeknik Pariwisata Lombok.

[img] Text
1701035 Teguh Prima Bella (Abstrak).pdf

Download (335kB)
[img] Text
1701035 Teguh Prima Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk terhadap ekonomi dan sektor pariwisata di dunia termasuk Indonesia, hal ini mengakibatkan banyak biro perjalanan wisata mengalami kesulitan untuk tetap bertahan karena tidak adanya penjualan paket wisata yang di dapat. Oleh sebab itu pemerintah menetapkan kegiatan new normal sebagai kebijakan untuk menjalankan perekonomian di tengah pandemi covid-19, sehingga ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi biro-biro perjalanan wisata khususnya Explore Bareng Tour & Travel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran paket wisata di Explore Bareng Tour & Travel pada era new normal. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data di analisis menggunakan analisis SWOT yang diimplementasikan dalam bentuk tabel matrix SWOT dengan berlandaskan pada teori marketing mix 7P yang dibatasi menjadi 4P (product, price, promotion, process). Hasil dari penelitian ini adalah Explore Bareng Tour & Travel membuat dan menyediakan berbagai paket wisata yang dapat di terima oleh pelanggan dengan harga yang relatif murah, menggandalkan media sosial seperti website, instagram dan facebook sebagai bentuk promosi agar memudahkan paket wisata untuk dapat dijangkau oleh pelanggan di era new normal, kemudian selalu mengkedepankan pelayanan yang baik untuk kepuasan pelanggan selama menggunakan jasa perusahaan, sehingga pelanggan memiliki kemungkinan yang besar untuk kembali membeli paket wisata. Saran dari hasil penelitian ini ialah membuat paket wisata harus lebih bervariasi dan berkualitas, serta mengembangkan cara untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa harga paket wisata sesuai dengan pelayanan yang diberikan, kemudian mengoptimalkan promosi melalui media sosial dengan lebih kreatif dan menarik, selain itu meningkatkan kualitas pelayanan dan kebersihan di setiap memberikan jasa ke pelanggan di kondisi new normal. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Paket Wisata, Era New Normal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi D4 Pengaturan Perjalanan
Depositing User: Editor
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:17
Last Modified: 13 Oct 2021 03:17
URI: http://repo.ppl.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item